Resize Image mengunakan PHP

Gambar tidak dapat dipisahkan dengan website. apa jadinya website tanpa gambar. bagaikan makan sayur tidak ada garamnya. ilustrasi-ilustrasi mengunakan gambar sangat kuat. Namun seperti yang kita ketahui bersama, media gambar cukup besar ukurannya dan tentu sangat besar pengaruhnya dengan kecepatan akses sebuah website serta space hardisk. di kesempatan ini akan saja jelaskan Cara Resize Gambar Mengunakan PHP sehingga website menjadi lebih cepat saat di akses.

Untuk menangulangi ini biasanya gambar yang diunggah oleh penguna akan di resize (dikecilkan ukurannya) otomatis oleh sistem agar optimal dari segi ukuran file. tindakan ini sudah umum dilakukan termasuk oleh cms-cms ternama seperti WordPress.

Kali ini saya akan share cara resize gambar mengunakan PHP. Pertama, persiapkan 1 buah gambar yang akan diresize (format jpg). kemduian buat sebuah file baru resize.php seperti berikut :

Jika dijalankan, maka gambar utama (Koala.jpg) akan diduplikat dan hasil resize disimpan dengan nama thumb_Koala.jpg. program yang kita buat ini sangat sederhana, hanya bisa untuk gambar format jpg saja sedangkan untuk png, gif dan lain-lain belum bisa. dan butuh pengembangan lebih lanjut.

Saya berharap tutorial “Resize Gambar Mengunakan PHP” dapat bermanfaat bagi pembaca dan bagi saya sendiri buat catatan.

Salam Hangat, Mastrayasa