10 Cara Meningkatkan Penjualan UKM dengan Website

UKM Go Online

UKM Go Online

Jika anda pemilik usaha kecil menengah mungkin masih bertanya-tanya tentang cara meningkatkan penjualan, berikut akan kami berikan satu tips jitu untuk anda. Salah satu yang anda tempuh adalah melakukan pemasaran secara Online.  jika saat ini produk anda hanya ditawarkan secara tradisional (offline) mulai lah untuk melirik pasar online. karena anda akan di kagetkan dengan pesanan yang tidak ada hentinya. ini dikarenakan pasar yang bisa di jangkau oleh online lebih luas dari pada pasar secara tradisional.

Salah satu cara untuk berjualan online adalah dengan membuat sebuah toko online (website). Untuk membangun website tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Jika anda masih berfikir apa keuntungan merambah pasar online. silahkan simak 10 manfaat berikut.

  1. Target Pasar

    Saat ini adalah jamannya online. hampir lapisan masyarakat (khususnya infonesia) telah mulai melakukan interaksi melalui online (lewat internet). menurut data 2010 penguna internet di infonesia mencapai 80 juta orang. anda bisa bayangkan luasnya target pasar anda. karena melalui internet jarak tidak lagi menjadi masalah. anda dapat menawarkan produk anda ke banyak orang. bayangkan saja 1% dari jumlah itu mebeli produk anda. ūüėÄ

  2. Produk di panjang 24 jam non stop

    Berbeda dengan sebuah Toko Fisik yang mempunyai jam buka dan tutup. Pelanggan tidak dapat selalu melihat daftar produk anda dan harus datang langsung datang ke toko anda jika ingin membeli sebuah produk. Toko online dapat dikunjungi 24 jam non stop dan pelanggan hanya harus terhubung dengan internet. bahkan jika anda sedang tidur. pelanggan masih bisa melihat etalase/katalog anda untuk melihat-lihat produk berkualitas anda.

  3. Sebagai media promosi jitu

    Dengan mempunyai sebuah website anda juga dapat langsung promosi gratis. pelanggan akan lebih mudah menemukan dan mengetahui usaha anda. Cukup tambahkan data lengkap tentang usaha anda dan pelanggan anda yang akan membacanya.

  4. Membangun Branding

    Tidak akan anda sadari. Branding anda akan terbangun dengan sendirinya tanpa anda sadari. Anda hanya perlu mengelola website anda dengan konten-konten yang bermanfaat dan produk yang menarik

  5. Menyebarkan informasi penting

    Anda dapat mencantumkan informasi-informasi penting yang mungkin dibutuhkan oleh pelanggan anda seperti spesifikasi produk, video profil usaha anda, alamat anda, kontak dan lain-lain sehingga pelanggan lebih dekat dengan usaha anda.

  6. CRM (Costumer Relation Management)

    CRM adalah merupakan strategi bisnis yang berbasis kostumer, seperti strategi bisnis lainnya tujuan akhir dari CRM adalah untuk memaksimalkan keuntungan dan pendapatan. Sedangkan tujuan utama dari CRM adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. sehingga anda lebih dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan anda dan berpeluang untuk order kembali.

  7. Komunitas Pelanggan

    Tingkahlaku pelanggan adalah mencari tahu dimana bisa mendapatkan produk yang diinginkan dengan mudah dan murah. Dengan adanya website, pelanggan bisa melakukan percakapan dua arah di dalam website. sehingga pelanggan lain mengetahuinya dan langsung dapat menilai usaha dan produk anda.

  8. Mempelajari Pasar

    Salah satu kunci sukses anda adalah memahami pasar anda, siapa yang akan membeli produk anda. Melalui  website anda dapat melacak pola pelanggan dan preferensi dengan mempelajari statistik kunjungan sesuai demografi dengan sangat baik. Anda juga dapat membuat survei atau formulir input saran yang akan menambah informasi pasar.

  9. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

    Saat ini usaha yang mempunyai website akan mendapatkan nilai lebih di mata pelanggan. Sebuah website mungkin membantu membentuk kesan bahwa usaha adalah sah. Sebuah situs web berfungsi profesional menunjukkan investasi dalam bisnis, meningkatkan kepercayaan pelanggan, dan dapat meningkatkan penjualan. Dengan website yang dirancang dengan baik dan informatif, dapat membuat sebuah perusahaan kecil mempunyai kredibilitas dan otoritas, dengan pelanggan dan usaha lainnya.

  10. Orang-orang mencari anda secara online

    Konsumen saat ini juga selalu mencari produk dan layanan mengunakan website, jika mereka membutuhkan barang/jasa mereka akan menuju mesin pencari seperti google untuk mencarinya. Bayangkan bila mereka tidak dapat menemukan informasi kontak apapun tentang usaha atau produk anda.

Demikianlah artikel tentang 10 Cara Meningkatkan Penjualan UKM dengan Website . Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk pare rekan-rekan pembaca lainnya.

sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya